MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN
1.pendahuluan
Sebelum
memnjelaskan model sistem perusahaan,saya akan menjelaskan apa definisi dari
model itu sendiri.
Definisi Model : penyederhanaan dari suatu objek.
Model mewakili sejumlah objek atau
aktifitas yang disebut entitas.model itu sendiri terdiri atas beberapa jenis
seperti:
JENIS-JENIS MODEL :
1.
Model
Fisik ; penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi.
2.
Model
Naratif ; menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.
3.
Model
Grafik ; menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol.
4.
Model
matematika ; sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business
modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian
dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.
KEGUNAAN MODEL :
1.
Mempermudah
Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas
lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam
cara yang sederhana.
2.
Mempermudah
Komunikasi, setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering
pula dikomunikasikan pada orang lain.
3.
Memperkirakan
Masa Depan, ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika
dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.
2.pembahasan
2.1 konsep dasar model perusahaan
Manajer terlibat dalam pemecahan
masalah untuk pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.
Sistem Konseptual adalah suatu sistem
pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi dan standar.
2 elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah menjadi solusi (solusi
alternatif dan kendala).
2.2 penggunaan model sistem umum
Model sistem umum biasanya digunakan
pada saat adanya masalah.adapun tahapan
pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan sistem yaitu:
1. Usaha Persiapan
o
Memandang
perusahaan sebagai suatu sistem.
o
Mengenal
sistem lingkungan.
o
Mengidentifikasi
subsistem perusahaan.
2. Usaha Definisi
o
Bergerak
dari tingkat sistem ke subsistem.
Tujuannya :
mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada.
o
Menganalisis
bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
1.
Mengevaluasi
standar.
2.
Membandingkan
output dengan standar.
3.
Mengevaluasi
manajemen.
4.
Mengevaluasi
pemroses informasi.
5.
Mengevaluasi
input dan sumber daya input.
6.
Mengevaluasi
proses.
7.Mengevaluasi
sumber daya output.
3. Usaha Persiapan
o
Pertimbangan
alternatif yang layak.
o
Mengevaluasi
berbagai solusi alternatif.
o
Memilih
solusi terbaik.
o
Menerapkan
solusi.
o
Memastikan
bahwa solusi tersebut efektif.
2.3 FAKTOR MANUSIA YANG MEMPENGARUHI
PEMECAHAN MASALAH
3 Kategori manajer dalam merasakan
masalah :
1.
Penghindar
masalah (Problem Avoider), manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua
baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan
informasi.
2.
Mengumpulkan
Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a.
Gaya
teratur, mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu
yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b.
Gaya menerima, manajer jenis ini ingin
melihat semuanya, kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai
baginya/orang lain dalam organisasi.
3.Menggunakan
informasi untuk memecahkan
masalah/Pemecah masalah
( Problem solver) :
a.
Gaya sistematik, manajer memberi perhatian
khusus untuk mengikuti suatu metode yang telah ditetapkan. Co. : pendekatan
sistem.
b.
Gaya intuitif, manajer tidak menyukai
suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan pendekatan dengan situasi.
3.kesimpulan
Model sistem pada perusahaan adalah
sebuah model yang digunakan pada suatu perusahaan untuk perusahaan itu sendiri agar perusahaan
tersebut dapat memudahkan komunikasi intern dan eksternnya juga mempermudah
perusahaan tersebut dalam perkiraan masa depannya.
4 daftar pustaka
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=model%20sistem%20umum%20perusahaan&source=web&cd=1&ved=0CCEQFjAA&url=http%3A%2F%2Fsantiw.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F2936%2Fbab2modelumum.doc&ei=Rz6rTvzLGo_JrAfd6uC5DA&usg=AFQjCNGPDGxyJLVSH8-KS5sA8zM13GjLng&cad=rja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar