Rabu, 08 Juni 2011

1.Pengertian internet

internet dapat kita artikan sebagai jaringan global yang luas dari komputer yang dapat menghubungkan user (pemakai komputer) yang satu dengan yang lain.oleh karena itu,internet dapat membuat kita seakan-akan "berkeliling dunia" tanpa berpindah tempat.kenapa?? karena didalam internet terdapat sumber informasi yang sangat banyak dari seluruh dunia.kenapa bisa terhubung???pasti pertanyaan ini sempat muncul di benak anda.internet bisa saling terhubung karena internet memiliki protocol-protocol yang bisa melayani miliaran pengguna internet di seluruh dunia.adapun protocol-protocol yang sering digunakan untuk internet adalah , IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

2.Sejarah Internet
Internet tentunya mempunyai sejarah seperti teknologi-teknologi yang lain.sejarah internet dimulai ketika DARPA(defense advance research project agency) memutuskan untuk mangadakan sebuah riset tentang bagaimana menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain agar membentuk sebuah sistem yang terhubung dan terintegrasi dengan baik.Akhirnya mereka memberikan nama pada riset mereka yaitu Arpanet.Dan akhirnyaPada 1970,  lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Pada Tahun 1972,  penyempurnaan program e-mail akhirnya berhasil .penyempurnanya adalah roy tomlison .Program e-mail ini sangat user friendly  sehingga program email ini langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Pada Tahun 1973,  ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London adalah komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mencetuskan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dicetuskan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Usenet ini pun akhirnya menjadi teknologi yang kita sebut internet dimasa sekarang.

3.Internet dimasa sekarang

karena Jumlah pengguna Internet yang sangat besar dan semakin berkembang tiap harinya bahkan tiap jamnya, telah menjadikan internet sebagai budaya .oleh karena itu,banyak sekali orang yang menggunakan internet setiap harinya.bahkan orang yang tidak pernah memakai internet sekarang akan dibilang kuno da,kampungan dan lain-lain. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpatokan sebuah search engine seperti Google,yahoo,bing dll, pengguna internet di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet jauh lebih efisien manfaatnya bagi sebagian orang.

Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.

Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar