Sabtu, 19 Februari 2011

organisasi dan metode


                                                 
                                             Organisasi dan metode

1.pengertian

Secara sekilas,istilah organisasi dapat diartikan sebagai berikut:
a. Sebagai wadah : tempat dimana kegiatan manajemen dijalankan.
b. Sebagai proses : memperhatikan interaksi/kerja sama antar orang-orang yang menjadi anggota organisasi
    tersebut :
     1. hub. formal = hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manajemen.
     2. hub. informal = mempunyai 3 peranan :
                                                                    1) sarana komunikasi.
                                                                    2) mengatur jalannya kerja sama.
                                                                    3) kebebasan bertindak oleh anggota organisasi tersebut.
c. Sebagai sistem :
                             1. sistem sosial (antar sesama manusia).
                             2. sistem fungsional (antar fungsi-fungsi yang dikaitkan secara tertentu dan integral untuk
                                 tercapainya suatu tujuan).
                             3. sistem komunikasi (sistem tata saluran/arus informasi dalam  organisasi).

Definisi-definisi lain mengenai organisasi:
1. Menurut James D. Mooney : organisasi adalah suatu bentuk kerjasama manusia untuk pencapaian tujuan bersama.
2. Menurut Thester I. Bernard : organisasi merupakan suatu sistem kerjasama dari 2 orang atau lebih, sesuatu yang tak terwujud dan tidak bersifat perseorangan dan sebagian besar mengenai hal-hal hubungan.
3. Menurut J. M. Gaus : organisasi adalah tata hubungan antar orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.
4. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
5. Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
6. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.


 Jadi dapat disimpulkan bahwa Organisasi adalah setiap bentuk penggabungan atau pengkolegaan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat untuk pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

2.manajemen dan organisasi
Manajemen merupakan proses kegiatan seorang pemimpin(manajer), yang harus
Melakukan cara cara pemikiran yang rasional atau praktis dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerjasama dengan sumber tenaga kerja lainnya dengan setepat tepatnya dalam mencapai tujuan tersebut.
Kegiatan manajemen.
  1. planning (rencana).
- sebuah kegiatan pemikiran yang dilakukan. hal ini sangat perlu dilakukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan  sasaran sebuah organisasi.
  1. organizing (pengorganisasian).
- proses pembagian susunan kerja dalam organisasi, penempatan tenaga kerja secara obyektif yang dilakukan demi perencanaan ,pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat.
  1. motivating (pendorongan).
- dilakukan untuk mendorong semangat kerja pegawai.
d. controlling (pengendalian).
- hal ini sangat penting untuk mengetahui pekerjaan yang sudah dilaksanakan, hal ini juga perlu dilakukan untuk mengevaluasi dan mengkoreksi pekerjaan.
Empat hal tersebut tidak akan berjalan tanpa sumber sumber yang harus didayagunakan dengan tepat, ssumber yang dimaksud adalah 6 M. yaitu:
  1. manusia (tenaga kerja).
  2. uang (money).
  3. bahan-bahan (materials).
  4. mesin dan peralatan (machine and equipment).
  5. tata kerja (methods).
  6. pasar (markets).

Manajemen merupakan proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Hal ini mengartikan adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama satu pihak dengan pihak lainnya.
Dari hal itu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa betapa erat hubungan manajemen dan organisasi.

3.Manajemen dan tata kerja.
Tata kerja merupakan suatu cara bagaimana agar sumber sumber dan waktu yang tersedia sehingga proses manajemen dapat dilakukan dengan tepat.
Pemakaian tata kerja yang tepat ditujukan untuk.
  1. menghindari keborosan, dalam pendayagunaan sumber sumber dan waktu yang tersedia.
  2. Menghindari penghambatan dalam menyelesaikan tujuan.
  3. Menjamin adanya pembagian kerja,waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi,hubungan manajemen dan tata kerja dapat disimpulkan seperti di bawah ini:
Manajemen: Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaankegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata kerja:menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harusdilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Maka kesimpulannya, hubungan manajemen dan tata kerja adalah sama-sama menjelaskan perlunya proses kegiatan untuk mencapai tujuan.

4.hubungan manajemen,organisasi dan tata kerja

Hubungan antara manajemen,organisasi dan tata kerja sangat erat karena ketiganya memiliki hubungan timbal balik.adapun konsep timbal baliknya adalah sebagai berikut:

a.manajemen:proses kegiatan mencapai tujuan melalui kerja sama antar manusia.
b.organisasi  :alat untuk pencapaian tujuan dan pengelompokan kerja sama.
c.tata kerja   :pola cara-cara untuk mengatur kerjasama dan kegiatan tersebut agar dapat mencapai tujuan secara efisien.

Dari konsep diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen,organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan untukj mencapai tujuan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar