Senin, 26 November 2012

Pengertian Struktur Pengendalian Intern

Pada kesempatan kali ini,Al-fakir akan menjelaskan tentang Struktur pengendalian intern.struktur pengendalian intern adalah suatu proses yang dipengaruhi oleh human resources dan sistem teknologi informasi, yang dirancang untuk membantu organisasi mencapai Goal atau objektif tertentu. Pengendalian intern merupakan suatu cara untuk mengarahkan, mengawasi, dan mengukur sumber daya suatu organisasi. Ia berperan penting untuk mencegah dan mendeteksi penggelapan (fraud) dan melindungi sumber daya organisasi baik yang berwujud (seperti mesin dan lahan) maupun tidak (seperti reputasi atau hak kekayaan intelektual seperti merek dagang).
        
 Di lingkungan perusahaan, pengendalian intern didefinisikan sebagai suatu proses yang diberlakukan oleh pimpinan (dewan direksi) dan management secara keseluruhan, dirancang untuk memberi suatu keyakinan akan tercapainya tujuan perusahaan yang secara umum dibagi kedalam tiga kategori, yaitu :

    Ke-efektif-an dan efisiensi operasional perusahaan
    Pelaporan Keuangan yang handal
    Kepatuhan terhadap prosedur dan peraturan yang diberlakukan

          Suatu pengendalian intern bisa dikatakan efektif apabila ketiga kategori tujuan perusahaan tersebut dapat dicapai, yaitu dengan kondisi :
a. Direksi dan manajemen mendapat pemahan akan arah pencapain tujuan perusahaan, dengan, meliputi pencapaian tujuan atau target perusahaan, termasuk juga kinerja, tingkat profitabilitas, dan keamanan sumberdaya (asset) perusahaan.


b. Laporan Kuangan yang dipublikasikan adalah handal dan dapat dipercaya, yang meliputi laporan segmen maupun interim.

c. Prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sudah taati dan dipatuhi dengan semestinya.

        Definisi lain tentang struktur pengendalian intern adalah suatu perencanaan yang meliputi struktur organisasi dan semua metode dan alat-alat yang dikoordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi, mendorong efisiensi, dan membantu mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan.
           Dari definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan adanya pengendalian intern :

    Menjaga kekayaan organisasi.
    Memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi.
    Mendorong efisiensi.
    Mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

http://adiriyadi.wordpress.com/2010/12/13/pengertian-struktur-pengendalian-intern/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar