Sabtu, 26 November 2011

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


1.PENDAHULUAN
Pada kesempatan kali ini, al-fakir akan menjelaskan dasar-dasar pemrosesan komputer.dalam memproses sesuatu pastilah kita membutuhkan langkah-langkah yang harus dilakukan agar kita dapat memproses sesuatu tersebut.begitu juga dengan komputer. Oleh karena itu,kita harus mengetahui apa saja dasar-dasar pemrosesan komputer tersebut.
2.PEMBAHASAN
2.1 ARSITEKTUR KOMPUTER
A) PERALATAN INPUT
1.     KEYBOARD
Alat input yang terdiri dari huruf-huruf,angka,simbol dan tombol perintah.
2.     ALAT PENUNJUK
·        Mouse
Alat input untuk mengklik aplikasi-aplikasi
·        Trackball
                      menaik dan menurunkan halaman,
·        Touch Screen
Memilih aplikasi hanya dengan menyentuh layar
·        Light Pen
Alat untuk membuka aplikasi dengan cara menyentuh layar dengan light pen itu sendiri
·        Unit Remote Control
3.     ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
·        Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
·        Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
4.     ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
·        Mikropon
·        Automatic Speech Recognation (ASR)
·        Touchtone
5.     ALAT INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
6.     ALAT INPUT PENERIMA GERAK
·        Headset
·        Glove
·        Walker
B)PEMROSESAN PUSAT DAN PENYIMPANAN SEKUNDER.
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.
B.    PENYIMPANAN SEKUNDER
·        Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
·        Hard Disk : Removable dan Non removable
·        Floppy Disk
·        Piringan Optik : CD, DVD
·        USB Flash Disk
·        Smart Card
·        Kartu memori
2.2 software
a) sistem operasi (operating system)
sistem operasi adalah program yang berupa sumber daya untuk menjalankan sebuah komputer. Os juga menyediakan layanan umum untuk software yang lain.jika pada suatu komputer tidak terdapat os,maka user tidak akan bisa menjalankan program aplikasi pada komputer melainkan hanya bisa booting saja.
B)aplikasi (application)
Adalah sebuah software untuk melakukan suatu tugas yang di inginkan oleh pengguna seperti untuk mengetik kita menggunakan microsoft word,mengedit photo dengan photoshop dan lain-lain.

2.3 Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software dalam Pemecahan Masalah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

KESIMPULAN
bahwa peralatan-peralatan pada komputer yang telah disebutkan diatas sangatlah dibutuhkan oleh komputer agar komputer itu sendiri bisa digunakan dengan optimal.karena dengan tidak adanya salah satu dari peralatan primer yang di atas pastinya dalam melakukan tugas dengan koputer akan sulit untuk menyelesaikannya bahkan tidak bisa dikerjakan.

Daftar pustaka
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=dasar-dasar+pemrosesan+komputer&source=web&cd=1&ved=0CCIQFjAA&url=http%3A%2F%2Fdharmayanti.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F14056%2FArsitektur_komputer.doc&ei=yL7HTt-7F4fKrAe70oigDg&usg=AFQjCNG_K5qxwBfdQdenjsP_y-quHAw7Ng&cad=rja





Tidak ada komentar:

Posting Komentar