Minggu, 30 Oktober 2011

E COMMERCE



Pendahuluan

e- commerce atau bisa kita sebut juga electronic commerce adalah pembelian, penjualan,pemasaran baik berupa barang atau jasa melalui media elektronik seperti internet ,tv dan lain-lain. E-dagang atau e-commerce juga  merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll.

Pembahasan



1.Perdagangan Melalui jaringan elektronik 


A.Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik

Banyak sekali keuntungan dalam e commerce.adapun comtoh-contoh keuntungannya adalah sebagai berikut:     
  • Hemat waktu karena Konsumen tidak perlu repot untuk datang ke tempat penjualan karena dia dapat membeli barang dan melihat barang yang di jual kapan saja hanya dengan komputer pribadinya.
  • Penghematan ekspensi(biaya).perusahaan dapat menjual sahamnya dengan cara online yang berarti perusahaan bisa menghemat biaya karena penjualan saham secara tradisional pasti memakan biaya yang lebih banyak.
  •   berkurangnya sejumlah ekspensi tambahan. Perusahaan yang berbisnis secara online dapat mengurangi biaya tambahan karena perusahaan ini tidak harus memiliki gedung dan customer service.
  •  Worlwide cover atau dapat menjangkau seluruh dunia karena bisnis online tidak memiliki hambatan  batasan negara.contohnya sebuah perusaahaan dapat menjula barang dagangannya kenegara lain.

B.kendala perdagangan melalui jaringan elektronik
e commerce tidak hanya memiliki manfaat positif dalam sistemnya,tetapi e commerce juga memiliki kekuragan atau sisi negatifnya seperti:
     
  • Hukum mengenai e commerce yang kurang berkembang.
  • Order and run.
  • Pembelian barang seperti kucing dalam karung.hal ini dapat terjadi karena pedagang tidak meperliahatkan photo barang dagangannya atau manaruh photo akan tetapi photonya bukan barang dagangan yang akan dijual.
  • Penipuan dan penghackan dalam e commerce.


      C.Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik
            hal-hal yang harus dilakukan dalam perdagangan online(e commerce) adalah:
·         Mengumpulkan data-data  dari perusahaan untuk mengevaluasinya agar datanya efektif.
·         Menganalisis data dengan menjelaskan berbagai pola peneliti data.
·         Menyimpan intellijen atau hal- hal mengenai perusahaan dan menyebarkannya.


2.Strategi Perdagangan melalui jaringan elektronik


Adapun strategi atau faktor sukses dalam e commerce yaitu :
  • Menyediakan harga kompetitif
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  • Mempermudah kegiatan perdagangan.


2.3 Sistem antar Organisasi (IOS)

 adalah Suatu kombinasi antar perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal Mitra Dagang atau Mitra Bisnis. Adapun mitra bisnis tersebut adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS (Sistem antar organisasi).

A.Manfaat IOS

1.      Efisiensi komparatif
yaitu para penyedia barang dan jasa yakni pedagang dapat bersaing dengan menaruh harga lebih murah dari pada para pesaingnya.
2.      Kekuatan tawar menawar
kemampuan suatu penedia barang dan jasa dalam menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan agar tercapai kesepakatan..

Pertukaran data elektronik (EDI)


      Adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari computer-ke-komputer diantara beberapa perusahaan.

Hubungan EDI yang Umum


Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan.

Standar EDI
       Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.

Tingkat Penerapan EDI
       Tiga tingkat penerapan EDI, yaitu :
  • Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
  • Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
  • Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

Manfaat EDI
  • Mengurangi Kesalahan
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan



Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik


     

 Pilihan Teknologi :
  • Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
  • Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.


KESIMPULAN

e commerce adalah pembelian, penjualan,pemasaran baik berupa barang atau jasa melalui media elektronik seperti internet ,tv dan lain-lain.manfaat yang dapat diperoleh dari e commerce adalah dapat menjangkau dunia,hemat waktu,dan hemat biaya. Dan dalam e commerce tersebut juga terdapat strategi perdagangannya seperti IOS dan EDI.adapun IOS yaitu sebuah sistem organisasi dan EDI sendiri yaitu pertukaran data elektronik.dan menurut saya bahwa perdagangan e commerce itu lebih banyak positifnya daripada negatifnya.apalagi jika hukum tentang e commerce diperkuat,maka bisa jadi perdagangan ini lebih banyak diminati oleh para pembeli dan penjual suatu barang di indonesia bahkan di seluruh dunia.


DAFTAR PUSTAKA
    1. http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
    2. http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=e-commerce&source=web&cd=4&ved=0CEoQFjAD&url=http%3A%2F%2Fderis.unsri.ac.id%2Fmateri%2Fderis%2Fecommerce_deris.pdf&ei=gCWtTseZKITtrAepqfjUDA&usg=AFQjCNGDuG5pvcye3JssNvZOUI6K2NyK2w&cad=rja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar