Sabtu, 26 Maret 2011

PT.PERTAMINA

1.SEJARAH SINGKAT PT PERTAMINA
PT Pertamina (Persero) yang dahulu bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyakdan gas bumi di Indonesia.
Pertamina pernah mempunyai monopoli pendirian SPBU di Indonesia, namun monopoli tersebut telah dihapuskan pemerintah pada tahun 2001. Perusahaan ini juga mengoperasikan 7 kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 MBSD, pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik LPG dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.
Pertamina adalah hasil gabungan dari perusahaan Pertamin dengan Permina yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Penggabungan ini terjadi pada 1968. Direktur utama (Dirut) yang menjabat saat ini adalah Karen Agustiawan yang dilantik oleh Menneg BUMN Syofan Djalil pada 5 Februari 2009 menggantikan Dirut yang lama Ari Hernanto Soemarno. Pelantikan Karen Agustiawan ini mencatat sejarah penting karena ia menjadi wanita pertama yang berhasil menduduki posisi puncak di perusahaan BUMN terbesar milik Indonesia itu.
Kegiatan Pertamina dalam menyelenggarakan usaha di bidang energi dan petrokimia, terbagi ke dalam sektor Hulu dan Hilir, serta ditunjang oleh kegiatan anak-anak perusahaan dan perusahaan patungan.

2.BIDANG
PT.PERTAMINA adalah sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang
Eksplorasi dan Produksi Minyak Dan Gas,operasi Geothermal, pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi; eksplorasi & eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi,Drilling Services,Perdagangan Minyak Mentah dan Produk Kilang,Teknology, Perdagangan Non Fuel dan Jasa Industri bidang Minyak dan Gas.transportasi udara, Aircraft Charter dan Regular Air Services,Teknologi Pemeliharaan Perbaikan Kapal,Hotel / Motel Management, kantor dan sewa properti, termasuk barang-barang eks PERTAMINA dan PT Patra Jasa aset sendiri.

3.TIPE DAN STRUKTUR ORGANISASI PADA PT. PERTAMINA

A.Tipe organisasi pada PT PERTAMINA
tipe organisasi pada PT PERTAMINA adalah piramida mendatar(flat) karena Jumlah satuan organisasi pada PT PERTAMINA tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit.dan juga Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan di PT PERTAMINA cukup banyak.dan fakta yang lain adalah Format jabatan di PT PERTAMINA untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.

B.Struktur organisasi pada PT PERTAMINA
struktur organisasi pada PT PERTAMINA adalah  Struktur Organisasi Fungsional dan Staff karena pada PT ini terdapat gabungan dari bermacam-macam struktur organisasi.dengan memakai sistem gabungan ini di mungkinkan memilih, yang menguntungkan di pakai yang merugikan di tinggalkan.
Struktur Organisasi ini juga Memperlihatkan pola hubungan antara anggota organisasi dan sarana yang dimiliki agar setiap anggota organisasi mengerti dengan jelas tugasnya, kewajiban, hak dan tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar